Saturday, September 3, 2016

PETA SHP (SHAPEFILE) SELURUH INDONESIA

Data berikut ini merupakan data yang menunjukan suatu objek di permukaan bumi seperti bentuk pulau, batas administrasi, sungai, jalan, dll. Dalam bahasan ini akan diberikan suatu data berformat SHP (ArcGIS) yang dapat di unduh dengan gratis. Untuk mengunduh data format SHP dapat mengunjungi link berikut
Dari link di atas merupakan link penyedia data format SHP yang mencakup wilayah global. Secara singkat pengertian dari data yang disediakan oleh situs di atas adalah sebagai berikut:

DIVA-GIS menyediakan 8 macam data yang bisa diunduh, diantaranya : Administrative areas, Inland water, Roads, Railroads, Elevation, Land cover, Population, and Gazetteer. Untuk menggunduh data dari DIVA-GIS cukup memasukan negara tujuan yang akan di unduh data Shp nya, kemudian pilih jenis data yang di inginkan.

GADM merupakan situs yang menyediakan data batas administrasi dalam format Shp, Esri Geodatabse, Kmz, dan lain sebagainya yang hampir mencakup seluruh negara.


GEOFABRIK berisikan data dari OpenStreetMaps (OSM), terdapat beberapa macam format data yang dapat dipilih. Data OSM sendiri merupakan data yang dihasilkan oleh masyarakat umum yang melakukan pengukuran atau survey dengan menggunakan alat-alat SIG seperti GPS, dan kemudian data tersebut di unggah di webgis OSM oleh orang-orang yang telah terdaftar sebagai anggota. Sehingga data dari OSM selalu diperbaharui setiap saat.

OSM Boundaries pada dasarnya sama dengan GEOFABRIK, karena masih merupakan produk dari OSM (Open Street Map), akan tetapi di dalam situs ini, kita dapat mengunduh data adminsitrasi dalam tingkatan yang berbeda. Kita dapat menentukan cakupan area yang akan di unduh berdasarkan pilihan daerah yang sudah tersedia, mulai dari administrasi negara, provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, bahkan cakupan wilayah per RT. Akan tetapi batas administrasi yang tersedia tidak seluruhnya ada. Tergantung ada tidaknya anggota OSM yang membuat datanya.

Kumpulan  Peta  RBI (Rupabumi Indonesia)dalam format shapefile keluaran BAKOSURTANAL dengan sistem proyeksi peta Geographic datum WGS 1984, maka dapat mengunjungi link berikut :

Selain itu terdapat Peta Dasar Indonesia, yang berisi berbagai layer penyusun dengan format Shp. Diantaranya sungai, jalan, perbatasan, kota, batimetri, dll
Berikut link unduhnya : Peta Dasar Indonesia.rar

7 comments:

  1. Ada shp jawabarat dan tangerang tingkat kecamatan terbaru gk ya?

    ReplyDelete
  2. kelihatan batas kabupatennya ngak sesuai, ini batas yang lawas mas

    ReplyDelete
  3. Many thanks I ever wanted to have the bordes of all those Kabupaten and Kecamantans. Is there a update version ?

    ReplyDelete

Lentera Merah My web Lenteramerah https://pojoklenteramerah.blogspot.co.id/