Thursday, August 18, 2016

Jalan Buruk, BD 1 Terperosok di Pulau Enggano


  

RMOL. Buruknya akses jalan di Pulau Enggano, yang masih licin dan berlumpur, membuat transportasi di pulau ini menjadi terganggu. Hal itu juga dialami oleh Gubernur Provinsi Bengkulu, Ridwan mukti dan rombongan Bupati Bengkulu utara, Mian saat melaksanakan perayaan HUT RI ke-71 di pulau yang berada di pantai barat Samudera Hindia. Dalam perjalanan arak-arakan kendaraan mereka sesekali tampak terperosok kedalam lubang

Gubernur Bengkulu berjanji akan memprioritaskan pembangunan di Pulau Enggano. Sebelum 2020 Visit Bengkulu, seluruh jalan di Pulau Enggano sudah aspal, tak ada jalan yang berlubang lagi, hal ini di sampaikan kepada masyarakat Enggano dalam sambutan acara malam seni budaya, selasa malam (16/8/16) di halaman kantor Camat Enggano.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Utara, Mian, kepada RMOLBengkulu mengatakan, pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, sangat membutuhkan dukungan pemerintah pusat untuk dapat menjadikan kawasan Pulau Enggano sebagai ujung tombak perekonomian di perbatasan NKRI.

"Pemda Bengkulu Utara tidak akan menyerah untuk kepentingan warga Enggano. Untuk pembangunan infrastruktur kami telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR, dimana telah diamanatkan dalam Keputusan Menteri PU No. 567/KPTS/M/2010 dan Pelpres no 45 tahun 2016 tentang Renana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2017, ruas jalan Enggano (Banjarsari-Malkoni-Kahyapu) merupakan jalan strategis nasional, artinya infasrtuktur jalan di Pulau Enggano harus aspal hotmix. Nantinya ini meningkatkan konektivitas sehingga memacu perekonomian masyarakat terus berkembang," terang Mian.

Senada, Plt Kadis PU Provinsi Bengkulu, Buyung Azhari mengatakan, tingginya biaya pembangunan dan perbaikan jalan di Enggano masih menjadi kendala utama, biaya Pembangunan jalan di Enggano mencapai empat kali lipat dibanding pembangunan di wilayah lain.

"Hal ini lantaran material dipasok dari Pulau Jawa dan harus diangkut menggunakan kapal. Tingginya biaya pembangunan jalan di Pulau enggano ini yang akan kita  carikan solusinya," tegas Buyung saat mendampingi Guberbur pada peringatan HUT kemerdekaan RI di Pulau Enggano.

Meskipun memiliki sumber daya alam yang melimpah, pada sektor pertanian Enggano merupakan salah satu pemasok utama melinjo dan pisang untuk Provinsi Bengkulu, begitu pun pada sektor perikanan, buruknya prasarana transportasi membuat perekonomian di wilayah tersebut berjalan lamban. [Rizky/***]
Lentera Merah My web Lenteramerah https://pojoklenteramerah.blogspot.co.id/