Tuesday, October 4, 2016

Perlengkapan Penelitian Kehutanan

Dokumentasi adalah kegiatan merekam suatu obyek atau peristiwa / kejadian secara nyata dengan menggunakan beberapa alat untuk tujuan tertentu. Dalam sebuah penelitian tentunya memiliki tujuan dasar dokumentasi yaitu, sebagai pendataan (data base) secara nyata dengan visual dua dimensi dan hasil dokumentasi baik berupa foto atau gambar dapat dijadikan bahan untuk mengindentifikasi obyek-obyek penelitian. Dokumentasi diperlukan karena dapat merekam sebuah obyek dengan nyata tanpa rekayasa. Penelitian akan lebih baik jika didukung dengan data-data yang nyata dan bukti nyata yang nantinya dapat di gunakan untuk penelitian selanjutnya dan dijadikan bahan acuan untuk melihat kemungkinan-kemungkinan sebuah obyek penelitian kedepan.
Salah satu alat dokumentasi yang paling populer adalah kamera fotografi. Untuk jaman sekarang video sudah menjadi bagian penting dalam pendokumentasian. Selain mudah dalam pengunaan juga relatif terjangkau dalam hal biaya. 

Untuk sebuah penelitian satwa liar di butuhkan peralatan fotografi yang komplit dan disesuaikan dengan tujuan penelitian. Pada penelitian konservasi dan ekologi gunung Informasi cuaca juga sangat di butuhkan untuk mendapatkan foto yang baik. Peralatan ekstra pada musim hujan perlu di bawa seperti cover pelindung kamera dan lensa, silica gel untuk menjaga kelembaban peralatan fotografi. begitu juga dengan peralatan kamera video.

Di bawah ini beberapa cheklist perlengkapan penelitian lapangan untuk kehutanan khususnya bidang konservasi. Semoga bermanfaat untuk penelitian selanjutnya. Terima kasih.




Lentera Merah My web Lenteramerah https://pojoklenteramerah.blogspot.co.id/